Mamalia

Marmut

Marmut (bahasa Inggris: guinea pig) adalah spesies hewan pengerat yang masuk ke dalam famili Caviidae dan genus Cavia. Marmut/Tikus belanda tidak berasal dari Belanda, tetapi berasal dari wilayah Andes. Hewan ini banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Imigran Andes di New York menjual tikus belanda untuk dagingnya.Marmut /Tikus belanda sering kali salah disebut sebagai marmot, hewan lain yang mirip tetapi berukuran lebih besar.

Guinea Pig (marmut) adalah binatang cerdas dan pendiam. Sebagai hewan soliter, jika kamu sudah mempunyai ikatan yang kuat , mereka dapat melompat di sekitar Anda, menyambut Anda dengan berbagai suaranya. Guinea pig tidak memerlukan banyak waktu Anda seperti hewan peliharaan lainnya, tetapi jika anda meluangkan lebih banyak waktu dengannya , mereka akan lebih interaktif. Mereka adalah makhluk yang sangat aktif dan menikmati labirin” dan berjalan melalui terowongan. Mereka dapat bermain dengan mainan, dan jika Anda memiliki lebih dari seekor guinea pig, mereka akan bermain permainan mengejar satu sama lain. Guinea pig adalah makhluk sosial dan membentuk suatu urutan kekuasaan, sering didominasi oleh laki-laki. Overcrowding dapat menyebabkan agresi dan laki-laki dapat menjadi agresif terhadap laki-laki lain di hadapan wanita.Guinea pig tidak beradaptasi dengan baik terhadap perubahan dalam lingkungan mereka atau makanan. Hair barbering (mengunyah bulu) dapat terjadi dalam situasi stres dan berdesak-desakan.

JENIS-JENIS MARMUT

1.ABBYSSINIAN

Abyssinian Guinea Pig sangat khas penampilannya. Mereka memiliki pola bulu rambut berputar terdiri dari 8 sampai 10, yang disebut mawar. bisa dikatakan mereka sedang mengalami ‘bad hair day’, tapi itu hanya bagian dari daya tariknya.

2.AMERICAN

American adalah guinea pig yang sangat banyak dipelihara.Karena perawatanya yang mudah,american merupakan jenis bulu pendek,dan terdapat berbagai corak dan warna yang bervariatif.

3.PERUVIAN

Peruvian merupakan guinea pig long hair .. dengan ciri waktu rambutnya pendek , akan terlihat jabrik-jabrik..guinea pig jenis ini memerlukan perawatan extra , tetapi kalau bulunya sudah panjang dan perawatnnya bagus , anda dijamin gag akan kecewa.

4.SHELTIE / SILKIE

Sheltie/silkie adalah guinea pig jenis long hair juga .. guinea pig ini memiliki bulu yg halus dan teratur

5.TEDDY GUINEA PIG

Teddy guinea pig , seperti namanya guinea pig ini memiliki bulu seperti teddy bear .. dengan bulu yang pendek dan lembut , guinea pig jenis ini sangat jarang ada di indonesia.

5.TEXEL GUINEA PIG

Texel guinea pig , guinea pig yang juga sangat jarang di indonesia.guinea pig ini memiliki bulu yg ikal , seperti rambut artis .. .. di luar sana , guinea pig jenis ini , memenangkan beberapa kompetisi ..

6.WHITE CRESTED GUINEA PIG

White Crested Guinea Pig , merupakan jenis american , juga disebut american crested , knpa dy dijadikan jenis sendiri ? karena guinea pig ini seperti menggunakan mahkota , dengan corak putih di kepalanya ..

7.SKINY GUINEA PIG

Skiny guinea pig adalah guinea pig yg tidak biasa .. tidak memiliku bulu .. di indonesia sepertinya blum ada yg memeliharanya , tetpai di US skinny pig lumayan digemari

****************************************************

1. Kenapa memelihara Guinea Pig?
Guinea Pig (GP) berbeda dengan beberapa jenis binatang pengerat lainnya seperti tikus, kelinci. misalnya dari cara mereka mengasuh anaknya bisa sampe selama 2bulan penuh mereka dapat mengasuh dan menyayangi anaknya. Berbeda dengan beberapa jenis binatang pengerat lainnya yang melahirkan bayinya masih dalam bentuk merah (belum dapat membuka mata, belum bisa berjalan), biasanya bayi GP lahir dengan bentuk mirip seperti orangtuanya tapi versi kecilnya (sudah bisa melihat, sudah bisa berjalan, sudah bisa makan), dan mereka sudah dapat menjaga diri sendiri beberapa saat setelah lahir.

2. pilihan jenis…
ada berbagai macam jenis GP, mulai dari bulu pendek (american), bulu jibrik pendek (abbysinian), bulu jibrik panjang (abbyruvian), bulu panjang kedepan (peruvian) bulu panjang kebelakang (silkie/sheltie), bulu keriting (texel), bulu berdiri (teddy), bulu panjang terdapat rambut mahkota diatas kepala (coronet), dan sebagainya…

dari beberapa jenis ini, ditentukan dulu jenis mana yang disukai, dan bila memilih rambut panjang, sesekali rambut panjang akan terlihat kusut dan harus segera dirapihkan agar terlihat bagus lagi.

3. Karakteristik Guinea Pig
GP tidak seperti hamster atau binatang peliharaan rodent lainnya. Mereka bangun dalam waktu bersamaan dengan waktu manusia memulai aktifitas, dan GP tidur ketika pemiliknya tidur, meskipun terkadang mereka beristirahat
disore hari. yang terbaik dari karakteristik GP pada kenyataannya adalah GP sangat tidak suka menggigit manusia, walaupun terkadang bisa mengigit dalam keadaan sangat lapar dan berkelahi. mereka bisa mengigit pelan-pelan kepada kita sewaktu kita gendong, hanya saat mereka tidak suka.

Jadi pada intinya GP sangat jarang sekali mengigit atau hampir tidak pernah mengigit manusia dengan kencang.

4. Hubungan emosional
GP memiliki temperamen yang baik, sehingga muda dipelihara dan bersosialisasi dengan manusia.Oleh karena itu GP baik bila menjadi peliharaan anak-anak atau siapapun.

5. Hewan yang sangat bersosialisasi
Tidak seperti hewan kecil lainnya yang hanya dipelihara sebagai hewan peliharaan, GP merupakan hewan yang bersosialisasi.GP membutuhkan teman disekitarnya dan hidup berkoloni.GP menjadi hewan peliharaan yang lebih baik jika mereka memiliki teman disekitarnya, ketika kita sering pergi keluar rumah untuk beberapa waktu seharian (sekolah atau kerja), merupakan pilihan terbaik jika memiliki GP lebih dari 1, jadi GP bisa saling bersosialisasi dgn yang lain. Jadi paling tidak untuk kandang kita harus menyiapkan tempat tinggal GP yang cukup luas, minimal untuk ukuran 2 GP (51 x 51cm)

6. Tentukan populasi
Untuk mengurangi keterlantaran GP, kita sebaiknya melakukan perencanaan terhadap GP peliharaan kita, apakah kita ingin mempunyai baby GP?apakah kita sanggup merawat dan memeliharanya?
Jantan – Jantan dan betina – betina adalah pilihan yang ideal untuk memelihara GP dan juga untuk mengurangi populasi GP.

7. Hidup lama
GP pada umumnya dapat hidup antara 4-6 tahun atau bahkan bisa sampai 8-10 tahun dengan perawatan yang baik.

KUCING PERSIA

Kucing, Felis silvestris catus, adalah sejenis karnivora. Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada “kucing besar” seperti singa, harimau, dan macan.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang manyimpan hasil panen.

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia. Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Jenis-jenis kucing peliharaan

Ras

Jumlah jenis kucing ras di seluruh dunia amat banyak. Setiap ras memiliki ciri khusus, tapi karena sering terjadinya kawin silang antar ras, banyak kucing yang hanya dikelompokkan dalam jenis bulu panjang dan bulu pendek, tergantung jenis rambut penutup tubuhnya.

Ada banyak macam ras kucing, beberapa diantaranya :

Manx

Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.

Maine Coon

Asalnya dari Maine, AS, keturunan Angora dan American Shorthair. Sifatnya lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Bulunya tipis, lembut, dan warnanya beragam.

British Shorthair

Dikembangkan di Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.

Burmese (Burma)

Kucing ini dibiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong mau (Burma) dan siam. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura. sifatnya periang dan lucu.

Chinchilla longhair

Inilah kucing persia paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi dalam dua macam, yaitu chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

Macam warna

Kucing memiliki banyak warna dan macam pola. Ciri fisik ini tidak bergantung pada rasnya. Kucing rumahan dikelompokkan ke dalam jenis berikut berdasar penampakan fisiknya :

bulu pendek
bulu panjang
oriental (bukan ras khusus, semua kucing yang bertubuh langsing, mata berbentuk almond, daun telinga lebar, dan rambut tubuh halus yang pendek)

Gen yang mengatur warna dan pola pada bulu kucing menentukan penampilan fisik dari kucing yang membedakan mereka ke dalam:

Telon atau Calico
putih dengan sedikit bercak warna hitam atau oranye (atau biru atau krem). Orang Jepang sering menyebut pola ini sebagai mi-ke. Karena gen warna bulu bertaut dengan kelamin, kucing Calico yang beraneka warna ini umumnya betina.
Tortoiseshell
hitam dengan warna oranye dan putih tersebar di seluruh tubuhnya. Kucing yang memiliki warna hitam, oranye terang, dan oranye gelap disebut sebagai Calimanco atau Clouded Tiger.
Tabby
bergaris dengan bermacam pola. Pola klasik pada kucing ini berbentuk bulatan-bulatan atau lingkaran. Tabby jenis mackerel mempunyai tiga garis yang tampak di samping tubuhnya, membuat kucing ini seperti ikan mackerel.
Maltese
nama lama dari kucing biru (abu-abu).
Bicolor (dua warna)
disebut juga Tuxedo cat atau Jellicle cat karena memiliki bulu berwarna hitam dengan sedikit warna putih pada bagian kaki, perut, dada, dan mungkin pula di bagian wajah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s